Rabu, 19 September 2018

Microsoft Internasional Resmi Berikan Gelar MOS untuk Lulusan SMK Pekerjaan Umum Malang



SMK Pekerjaan Umum Malang semakin menunjukkan kualitasnya di bidang pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan pengakuan dari Microsoft yang berpusat di Amerika Serikat untuk memberikan gelar tambahan MOS pada siswa setelah mereka mengikuti ujian dari Microsoft Academy.
SMK Pekerjaan Umum (PU) Malang membekali peserta didik dengan sertifikasi internasional dalam bidang microsoft. Dengan menggandeng PT. Infosis BLU sebagai distributor resmi dari Certifort, sebanyak 100 siswa kelas XI telah mengikuti ujian tahap awal, Sabtu (8/9) hingga Rabu (19/9), hari ini.

SMK PU Malang menjadi sekolah pertama tingkat SMK yang ditunjuk sebagai Authorized Test Center (ATC), yakni penyelenggara ujian sertifikasi internasional di Kota Malang. Layanan yang diberikan tidak terbatas dari siswa sekolah tersebut saja, melainkan juga alumni maupun masyarakat umum.

Kepala SMK PU Malang, Drs. H. Idham Cholik, M.Pd, mengungkapkan, fasilitas ini akan memberikan nilai tambah untuk siswa. Selain itu juga menjadi bekal untuk bersaing baik secara nasional maupun internasional.

“Jadi ini merupakan salah satu bekal yang diberikan sekolah, supaya siswa tidak hanya kompeten namun juga memiliki skill microfost yang mumpuni dan diakui secara internasional,” ujar Idham.
Sertifikasi internasional yang diujikan hanya Microsoft word dengan pertimbangan semua instansi atau dunia industri pasti menggunakannya. Sehingga penting bagi siswanya untuk mengikuti sertifikasi tersebut supaya kemampuan mereka terukur dan memiliki standar internasional.
Gebrakan pertama yang dilakukan oleh SMK PU Malang dalam memberikan sertifikat internasional Microsoft Amerika ini menjadi program yang wajib diikuti seluruh siswa. Jika saat ini masih diwajibkan untuk kelas XI, kedepan akan merambah ke kelas X dan berlaku untuk semua jurusan.

“Semua program keahlian kami berikan fasilitas untuk mendapatkan sertifikasi internasional Microsoft Amerika, disamping nanti ada sertifikasi lain yang sesuai dengan kompetensi mereka. Karena ini merupakan tuntutan dari industri baik dalam maupun luar negeri,” tegasnya.
Bahkan ditunjuknya SMK PU Malang sebagai ATC juga memberikan banyak manfaat untuk memfasilitasi seluruh warga masyarakat yang memerlukan sertifikasi dalam bidang Microsoft. Selain itu, adanya program ini juga meningkatkan kemampuan para guru dalam penguasaan materi sertifikasi dan bidang pengelolaan organisasi.

“Bagis siswa sendiri mereka sangat terbantu untuk mempersiapkan skill ketika nanti masuk dunia kerja maupun jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan tidak hanya itu, mereka yang telah mengikuti ujian ini bisa membubuhkan gelar di belakang namanya,” kata Ketua ATC SMK PU Malang, Ririn Nur Fitria.

Ia melanjutkan, dari ujian yang diikuti oleh 100 siswa kelas XI hasilnya sangat memuaskan. Dari keseluruhan yang mendapatkan nilai di atas 900 mencapai 93 persen, sementara nilai di bawahnya hanya 7 persen dengan nilai terendah 700.

Salah satu siswa SMK PU Malang Wahyu Wijaya  mengungkapkan, sebelum mengikuti ujian sertifikasi, terlebih dahulu ada simulasi yang dipandu tim dari PT. Infosisi BLU Malang. Meskipun dari soal terbilang rumit, namun ketika ujian tidak mengalami kendala.

“Semangat ikut ujian sertifikasi internasional ini karena memberikan banyak manfaat salah satunya untuk bekal ketika nanti masuk dunia kerja. Karena sertifikatnya ditandatangani langsung oleh Microsoft Amerika, sehingga apa yang tercantum di dalamnya sudah terpercaya,” imbuh siswa yang berhasil meraih nilai sempurna (1000) ini. (lin/sir/oci)

Sumber:
https://www.malang-post.com/pendidikan/lulusan-smk-pu-bersertifikat-microsoft-amerika 

Tidak ada komentar: