Senin, 05 September 2011

Duh Senangnya.... Tunjangan Guru Cair Lagi


Setelah libur panjang lebaran tahun ini, para guru yang lulus sertifikasi akan kembali menerima tunjangan profesi pendidik (TPP). Rencananya tunjangan sertifikasi guru itu cairkan pekan depan.
Dana tunjangan pendidik ini sudah ditransfer oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah  Kota (Pemkot), jadi bisa dipastikan minggu depan dananya sudah diterima di rekening guru. Sebelumnya sekitar satu minggu menjelang lebaran, tunjangan sertifikasi guru untuk tahun anggaran 2011 sudah dicairkan.
Hanya saja pencairannya baru diberikan untuk tri wulan pertama yaitu Januari-Maret. Minggu depan pencairan akan kembali diberikan untuk tri wulan kedua yaitu periode April-Juni. Pencairan dana sertifikasi ini diberikan melalui dana dekonsentrasi Propinsi dan DAU APBN, sesuai dengan tahun kelulusan sertifikasi yang ditempuh tiap guru.
Biasanya memang pencairan langsung enam  bulan, tapi tahun ini pemerintah mencairkan tiga bulanan.
Pencairan tunjangan ini dihitung sebesar satu kali gaji pokok yang diterima oleh setiap guru. Besarannya berbeda tergantung pangkat dan golongan guru penerima tunjangan. Kalaupun ada guru yang gajinya naik pada tahun 2011 ini, belum bisa menjadi dasar perhitungan dalam pemberian tunjangan. Untuk sementara dasar yang dipakai adalah gaji yang sebelumnya diterima. Selanjutnya para guru ini diharapkan melapor kepada disdik agar ada penyesuaian tunjangan dengan gaji. 
TPP akan kembali diberikan kepada 2501 guru yang menerima TPP dari DAU atau APBN. Sementara guru yang menerima TPP dari dana dekonsentrasi atau DEKON Propinsi sebanyak 330 guru dari jenjang pendidikan menengah, 639 guru dari jenjang pendidikan dasar dan 88 guru dari jenjang TK.
Diharapkan TPP bisa dimanfaatkan oleh guru untuk peningkatan profesionalismenya. Termasuk menunjang kebutuhan sehari-hari agar guru tidak mengalami kendala dalam melaksanakan kewajiban mengajarnya

Tidak ada komentar: