Selasa, 04 Oktober 2011

Pemkot Blitar Buka Lowongan Pegawai Kontrak


Pemerintah Kota Blitar Jawa Timur, tetap akan membuka lowongan penerimaan pegawai menyusul kebijakan moratorium atau penundaan sementara oleh pemerintah pusat, dalam penerimaan pegawai negeri sipil hingga 2012.
Pemerintah Kota Blitar tetap menghormati kebijakan moratorium tersebut, tapi disisi lain pemkot juga butuh banyak tenaga teknis. Saat ini, jumlah pegawai mencapai 4.272 orang. 545 orang pegawai bagian struktural, 2.430 orang fungsional, dan sisanya pegawai bagian umum.
Namun, dari jumlah pegawai tersebut yang pensiun pada 2011 ini  mencapai 100 orang. Untuk mengisi kursi yang ditinggal pensiun pejabatnya, pemkot berencana menarik sejumlah pegawai negeri yang saat ini kedudukannya masih belum sesuai dengan porsinya, seperti masih duduk di bagian teknis.
Namun, untuk penempatan para pegawai itu juga akan ditentukan sesuai dengan kualitasnya. Mereka ditempatkan sesuai dengan pendidikan yang pernah ditempuhnya. “Ada pegawai negeri yang masih sebagai sopir, untuk itu kami akan tarik dia menduduki posisi yang ditinggalkan pegawai sebelumnya,” katanya.
Untuk posisi tenaga teknis, seperti bagian kebersihan, sopir, dan sejumlah bagian lain, kata dia, pemerintah kota berencana membuat pengumuman untuk penerimaan tenaga kontrak. Pemkot Blitar berencana membuka tenaga kontrak. Dan saat ini, masih membahas untuk tindak lanjutnya.
Sementara itu, rencana pemkot untuk membuka tenaga kontrak mendapat tanggapan positif kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar. Namun, diminta adanya rencana untuk merekrut tenaga kontrak itu harus dengan sepengetahuan dewan.
Untuk masalah anggaran jika harus mengangkat tenaga kerja baru juga harus diperhatikan. Jika APBD untuk pos tersebut masih mencukupi, rencana pengangkatan tidak ada masalah, tetapi, jika harus mengambil pos lain, DPRD keberatan.
Harusnya pemerintah berkoordinasi dengan dewan untuk rencana ini. Alangkah ironisnya, jika pemkot mengeluarkan kebijakan tanpa diketahui dewan.
sumber: surya

Tidak ada komentar: