Para guru tentu pernah melakukan hukuman terhadap peserta didik yang pernah melakukan pelanggaran. Hal ini dilakukan agar peserta didik menyadari dan tak mengulang kesalahannya kembali. Namun, benarkah teknik ini mampu membuat mereka jera dan tak mengulangi lagi? Tak jarang media memberitakan guru yang terkena bumerang atas tindakan tersebut. Alih-alih memberi tindakan pembelajaran pada peserta didik, yang terjadi justru guru terjerat masalah hukum. Berikut prinsip-prinsip dalam memberikan hukuman:
1. Tak dilandasai emosi.
Hal ini bisa terjadi bila guru mendapati peserta didiknya tidak mematuhi instruksi, terlebih mereka melakukan perlawananan. Guru akan merasa disepelekan dan itu dapat memancing emosi. Beberapa permasalahan di kelas yang membuat guru emosi adalah: siswa berkata atau berlaku tak sopan, gaduh/ramai, mengantuk/menguap dengan keras saat pelajaran, membaca buku lain yang tak terkait pelajaran, tak mengerjakan tugas yang diberikan, atau sering membolos. Apapun pelanggaran siswa, jangan didasari emosi, balas dendam apalagi perasaan benci.
Hal ini bisa terjadi bila guru mendapati peserta didiknya tidak mematuhi instruksi, terlebih mereka melakukan perlawananan. Guru akan merasa disepelekan dan itu dapat memancing emosi. Beberapa permasalahan di kelas yang membuat guru emosi adalah: siswa berkata atau berlaku tak sopan, gaduh/ramai, mengantuk/menguap dengan keras saat pelajaran, membaca buku lain yang tak terkait pelajaran, tak mengerjakan tugas yang diberikan, atau sering membolos. Apapun pelanggaran siswa, jangan didasari emosi, balas dendam apalagi perasaan benci.
Apabila salah satu hal di atas terjadi, ada baiknya guru menyikapinya dengan kepala dingin. Guru harus menyadari peserta didik masih memiliki keterbatasan mengenai tata krama dan kesadaran mematuhi instruksi. Di sinilah peran dan tugas guru membuat peserta didik mengenal tata krama dan disiplin.
2. Menganalisis jenis kesalahan/pelanggaran siswa.
Guru hendaknya memiliki daya analisis tinggi. Artinya, bila ada peserta didik yang melanggar, guru hendaknya segera mencari akar penyebabnya. Bila kesalahan itu terjadi di saat pelajaran berlangsung, karena siswa mengantuk/menguap dengan keras, gaduh atau membaca buku selain pelajaran, asumsi yang muncul untuk menjelaskan permasalahan ini adalah strategi pembelajaran guru yang kurang menarik atau peserta didik merasa dirinya tak terlibat penuh pada mata diklat yang dipelajari.
Guru hendaknya memiliki daya analisis tinggi. Artinya, bila ada peserta didik yang melanggar, guru hendaknya segera mencari akar penyebabnya. Bila kesalahan itu terjadi di saat pelajaran berlangsung, karena siswa mengantuk/menguap dengan keras, gaduh atau membaca buku selain pelajaran, asumsi yang muncul untuk menjelaskan permasalahan ini adalah strategi pembelajaran guru yang kurang menarik atau peserta didik merasa dirinya tak terlibat penuh pada mata diklat yang dipelajari.
Bila peserta didik berkata tidak sopan, hal pertama yang harus dilakukan guru adalah segera memberi tindakan berupa peringatan secara verbal. Lantas, guru mencari data mengenai peserta didik yang bersangkutan pada BK. Hal ini bisa dijadikan studi kasus bagi guru.
3. Hukuman yang tidak bernilai pendidikan.
Membuat peserta didik yang bermasalah menyadari kesalahannya memang bukan pekerjaan mudah. Bila peserta didik tak mengerjakan tugas, jangan langsung menyuruhnya push-up atau lari tanpa feed-back. Hukuman bisa dilakuan dengan menyuruh mereka mencari tugas tambahan di internet, koran, atau majalah yang berkaitan dengan pelajaran.
Membuat peserta didik yang bermasalah menyadari kesalahannya memang bukan pekerjaan mudah. Bila peserta didik tak mengerjakan tugas, jangan langsung menyuruhnya push-up atau lari tanpa feed-back. Hukuman bisa dilakuan dengan menyuruh mereka mencari tugas tambahan di internet, koran, atau majalah yang berkaitan dengan pelajaran.
4. Hukuman tahap per tahap.
Sangat dimungkinkan bahwa hukuman verbal atau pengarahan secara khusus tak diindahkan peserta didik yang bandel. Dalam kasus seperti ini, prinsip nomor satu di atas harus menjadi prioritas. Hal yang mungkin dilakukan guru adalah memberi hukuman sesuai dengan beberapa tahapan. Pertama, guru melakukan peneguran secara tegas di hadapan peserta didik lainnya agar peserta didik yang bermasalah tak mengulangi lagi dan peserta didik lainnya menjauhkan diri dari perbuatan yang sama. Kedua, jika ia tidak mengindahkan, permasalahan seperti ini perlu penangananan pihak sekolah dan orangtua. Kebijakan ini adalah menghindarkan guru dari permasalahan. Sementara itu, guru dapat melaksanakan dan melanjutkan tugas mulianya.
Sangat dimungkinkan bahwa hukuman verbal atau pengarahan secara khusus tak diindahkan peserta didik yang bandel. Dalam kasus seperti ini, prinsip nomor satu di atas harus menjadi prioritas. Hal yang mungkin dilakukan guru adalah memberi hukuman sesuai dengan beberapa tahapan. Pertama, guru melakukan peneguran secara tegas di hadapan peserta didik lainnya agar peserta didik yang bermasalah tak mengulangi lagi dan peserta didik lainnya menjauhkan diri dari perbuatan yang sama. Kedua, jika ia tidak mengindahkan, permasalahan seperti ini perlu penangananan pihak sekolah dan orangtua. Kebijakan ini adalah menghindarkan guru dari permasalahan. Sementara itu, guru dapat melaksanakan dan melanjutkan tugas mulianya.
29 komentar:
buy cialis online cialis ad - buy cialis and viagra
xanax online taking 7 xanax bars - xanax dosage for anxiety
buy tramadol online buy tramadol online europe - tramadol withdrawal loperamide
buy tramadol online buy tramadol buy cod - tramadol from usa no prescription
buy tramadol online tramadol apap 37.5 dosage - tramadol hcl 50 mg warnings
buy tramadol online tramadol legal to buy online - zydol sr 100mg tramadol hydrochloride
buy carisoprodol carisoprodol 350 mg addictive - carisoprodol in drugbank
buy discount tramadol high with tramadol - tramadol hcl online
tramadol no prescription tramadol online fedex - buy tramadol united states
cheap cialis online buy cialis reviews - cialis price 5mg
buy tramadol online buy tramadol cod next day delivery - tramadol hcl coupons
buy tramadol online tramadol qt prolongation - tramadol 50 mg maximum dosage
order tadalafil cialiscoupon - small order cialis
cialis buy online no prescription cialis hong kong price - order cialis online mastercard
xanax online xanax side effects seizures - xanax side effects recreational
buy cialis no prescription buy cialis canadian pharmacy - cialis price euro
cialis online buy cheap cialis from us - order cialis pills
buy tramadol tramadol ratiopharm 100mg nebenwirkungen - tramadol addiction stories
buy tramadol buy tramadol 50mg usa - tramadol 50mg dosage for adults
http://buytramadolonlinecool.com/#61458 buy tramadol online pay cod - tramadol high blood pressure
buy tramadol where to buy tramadol online usa - buy from online texas tramadol
legal buy tramadol online tramadol hcl tab 50mg - where to buy tramadol
buy tramadol without a script tramadol 50 mg et zoloft - 100mg of tramadol high
http://ranchodelastortugas.com/#51462 xanax dosage by pill - xanax side effects newborns
buy tramadol without prescriptions tramadol dosage osteoarthritis - tramadol withdrawal neurontin
buy tramadol online tramadol can you snort - tramadol high off
http://ranchodelastortugas.com/#50698 frontal alprazolam 0 5mg - order xanax online no prescription
xanax online prescription generic xanax side effects - types of xanax pills
http://www.achildsplace.org/banners/tramadolonline/#1259 buy tramadol with paypal - buy tramadol hcl
Posting Komentar