Jumat, 26 Agustus 2011

Acer Mengundang Anda Menjadi Guru Era Baru


Acer Guraru: Semangat Berbagi Ilmu di Era Baru!


Sebagai salah satu langkah nyata Acer dalam peningkatan penetrasi dan literasi teknologi di berbagai lapisan masyarakat, Acer menyelenggarakan program Acer Guru Era Baru (Guraru) di seluruh Indonesia. Guraru, alias Guru Era Baru, adalah inisiatif yang dilaksanakan Acer Group Indonesia untuk meningkatkan IT-literacy atau 
melek IT pada para guru, sehingga guru dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar yang efektif dan interaktif, serta dapat mendorong partisipasi aktif anak didiknya.

Tahun kemarin, seorang guru Kalimantan Tengah terpilih sebagai penerima Acer Guru Era Baru Award yang pertama, dari puluhan blog guru yang masuk. Selama setahun ini, Pak Urip aktif terlibat dalam berbagai kegiatan seminar Guraru ke berbagai daerah, guna menyebarkan virus pada sesama guru bahwa guru tak hanya belajar, tapi juga mendorong mereka untuk menulis apa yang telah dipelajari, dan berbagi ilmu dengan orang lain. Bahkan pada Kongres Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang pertama lalu, Pak Urip selaku Ketua IGI Pangkalan Bun mendapat kesempatan untuk berbicara mengenai pentingnya penerapan TI dalam di ruang belajar.
Tahun ini Acer akan memberi Acer Guru Era Baru Award yang kedua. Untuk itu, Acer mengundang para guru Indonesia untuk berpartisipasi dengan mendaftarkan blognya. Apresiasi Acer berupa Acer Guru Era Baru Award akan diberikan pada puncak kegiatan ON|OFF pada bulan Oktober 2011 di Jakarta.
Bagaimana cara untuk berpartisipasi? Nominasikan guru yang aktif menggunakan media sosial (blog, Twitter, Facebook, dll.) untuk berbagi tentang pendidikan. Anda bisa menominasikan diri sendiri atau guru lain. Kirimkan nominasi Anda di halaman Acer Guraru ON|OFF 2011 di sini. 
Persyaratan Guru Era Baru Award bisa dilihat di sini. Anda juga dapat mengintip blog Pak Urip (http://urip.wordpress.com) atau juga berdiskusi dengan Beliau melalui Twitter @uripkalteng.
Mari sebarkan semangat berbagi pendidikan di era baru!

Persyaratan Guru Era Baru Award 2011

Guru Era Baru (Guraru) Award adalah sebuah bentuk penghargaan bagi para guru Indonesia yang telah memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui media blog. Pada ON|OFF 2011 tahun ini, untuk kedua kalinya Acer akan memberikan apresiasi kepada guru Indonesia yang sudah menggunakan media sosial untuk berbagi tentang pendidikan.Jika Anda adalah seorang guru, Anda bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan Guraru Award dan menominasikan diri Anda. Jika Anda bukan guru, Anda bisa berpartisipasi dengan cara menominasikan blog guru yang menurut Anda layak mendapatkan Guraru Award.
Berikut ini adalah syarat untuk nominasi Guraru Award:
1. Aktif berkontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui media blog
2. Blog yang dinominasikan berusia minimal 1 tahun (sejak Agustus 2010)
3. Blog adalah milik pribadi dan bukan kelompok atau sekolah
4. Blog dimiliki oleh guru
5. Blog telah dimaksimalkan untuk berbagi pengetahuan dan dilibatkan dalam proses belajar mengajar atau menjadi sarana interaksi antara guru dan murid
6. Guru juga mendorong murid untuk pemanfaatan teknologi, khususnya jejaring sosial, dengan positif
7. Penggunaan jejaring sosial lain (Twitter, Facebook, forum, dll.) untuk berbagi tentang pendidikan menjadi nilai tambah.
Mekanisme:
1. Setiap orang boleh mengusulkan blog individu guru yang dianggap memenuhi syarat sebagai kandidat
2. Nominasi hanya dapat dilakukan melalui http://www.onoffid.org, nominasi dengan cara lain tidak akan diterima dan diperhitungkan dalam penjurian
3. Setelah batas waktu penominasian berakhir, panitia akan memilih 5 kandidat yang akan diusulkan kepada dewan juri setelah melalui tahap verifikasi
4. Dewan juri akan memilih kandidat yang dianggap terbaik untuk menerima Guraru Award 2011
Ketentuan:
1. Tahap pengusulan nominasi akan dilakukan dari tanggal 1 September – 15 Oktober 2011
2. Tahap verifikasi akan dilakukan tanggal 16 – 22 Oktober 2011
3. Penjurian akan dilakukan tanggal 23 – 24 Oktober 2011
4. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada puncak pelaksanaan ON|OFF 2011 di Jakarta
5. Panitia, agency, dan pihak terkait penyelenggaraan event tidak diperkenankan untuk mengikuti Guraru Award
Ayo nominasikan guru pilihanmu, berikan apresiasi pada mereka yang tekun berbagi!

Tidak ada komentar: