Selasa, 23 Agustus 2011

Menjadi pemikir dengan menulis dan membaca blog


Jika kita membaca sebuah karya tulis tentunya yang pertama karena ada satu atau beberapa alasan yang menarik dari karya tulisan tersebut.kita membaca karena ingin mengenal atau mengetahui pemikiran,pendapat atau sekedar informasi yang kita perlukan dari sang penulis,ingin memperkaya,memperluas wawasan,prinsip,kiat-kiat ataupun mencari bahan pembanding serta sejumlah alasan lain darinya,

saat membaca tulisan kita atau karya orang lain secara sengaja atau tidak kita selalu menerapkan sebuah kebebasan membuat pilihan(freedom to choose)apakah menerima atau menyetujui! apakah mempertanyakan! apakah mengesampingkan untuk sementara bagian bagian tertentu dari sebuah tulisan.
kebebasan membuat pilihan adalah hak setiap orang.mengikuti “paksaan”atau terpaksa menerima tekanan,juga suatu pilihan.
demikian juga hukum sebab akibat dan hukum tarik menarik,ke dua hukum ini berkaitan juga dengan kebebasan membuat pilihan,ke tiga aspek ini selalu bergandengan dan tak terpisahkan dalam menulis atau membaca sebuah karya tulis.
menciptakan masyarakat pemikir untuk menuangkan ide ke sebuah tulisan juga sebuah pilihan,akan tetapi siapakah yang membuat pilihan itu??
anda? saya?
kapan pilihan itu di buat? kemarin? sekarang? besok?
pastikanlah kita selalu menulis dan membaca apapun itu sebuah karya tulis kita atau sebuah tulisan orang yang sekiranya bisa membuat kita dan orang lain bisa membuat pilihan,karna pilihan adalah hak kita dan mereka untuk menjadikan kita dan mereka berwawasan luas dan berkarakter kuat.selamat berkarya dan menikmati tulisan orang lain dan jadilah seorang pemikir dengan beragam pilihan yang anda pilih .

Tidak ada komentar: